Cara Mudah Mempercepat Kinerja di Android Yang Lemot

Cara Mudah Mempercepat Kinerja Android Yang Lemot
Dalam sebuah perangkat keras baik itu laptop,computer atau android mempunyai batas umur pakai. Semakin lama umur barang elektronik tersebut pasti kinerjanya menurun. Banyak faktor yang mempengaruhui kinerja alat tersebut menurun. Bagi yang mengerti dengan perangkat keras pasti tidak terlalu sulit untuk menormalkan kembali kinerja tersebut tetapi bagi anda yang awan pasti binggung bagaimana harus menormalkan atau mempercepat kinerja alat elektronik tersebut. Pada kesempatan kali ini saya menceritakan pengalaman saya bagai mana cara mudah mempercepat kinerja android. Cara ini sangat mudah mempraktekannya sehingga bagi anda yang baru memahami system pasti bisa melakukannya.

Pertama kita bahas dulu apa penyebab kenapa kinerja android kita menurun. Setelah kita identifikasi penyebab system android kinerjanya menurun baru bisa lakukan bagaimana cara dengan mudah untuk mempercepat kinerja system android tersebut .Dalam suatu system OS Android banyak penyebab mengapa android kita kinerja menurun atau lemot.

  •  Pertama mungkin karena virus
  •  Applikasi yang berjalan pada saat bersamaan terlalu Banyak
  •  Sistem Operasi dalam android tersebut mungkin sudah usang
  •  Memory Tidak cukup Untuk memproses data yang berjalan, hal ini disebabkan karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan

Untuk saat ini baru beberapa penyebab yang penulis temukan saat menggunakan Sistem operasi android. Penyebab-penyebab diatas bisa membuat kinerja android anda. Cara Mudah Mempercepat Kinerja Android Yang Lemot dengan penyebab diatas bisa kita lakukan dengan mudah dengan langkah langkah berikut:

Perbaharui sistem Opersai (OS) di Perangkat anda terlebih dahulu 

Perkembangan OS saat ini sangat berkembang pesat jadi sangat memungkinkan aplikasi yang anda gunakan tidak mendukung lagi dengan OS yang lama. Memperbaharuan yang kita lakukan sangat menjamin kestabilitas yang ada pada sistem android dengan fitur fitur baru yang dimiliki pada OS tersebut. Ini sangat penting dalam hal perangkat lunak dalam sebuah  sistem. Google dan vendor berdasarkan informasi yang penulis dapatkan mereka sudah lama memahami bahwa tidak perlu hanya mengimplementasikan chip baru, tetapi juga bekerja untuk mengoptimalkan kode sistem yang baru untuk mencapai kebutuhan dalam kelancaran operasi sebuah sistem. Selain itu Google dan vendor berusaha mengatasi bug bahkan menutup bug itu, yang dapat mengeksploitasi heaker atau perangkat lunak yang berpotensi berbahaya dalam sebuah sistem operasi android. Tentu saja, perbaharui sistem bisa lebih dari optimalisasi konsumsi daya baterai juga berfungsi. Itulah sebabnya kami penulis menyukai pembaruan dan selalu menunggunya.
Menghapus Aplikasi yang tidak digunakan

Setiap aplikasi yang anda install sudah pasti membutuh tempat penyimpanan dan kadang tanpa kita sadari aplikasi tersebut berjalan dilatar belakang atau berjalan sendiri tanpa kita buka aplikasi tersebut. Saran penulis kalau jangan menginstal aplikasi yang tidak diperlukan dan sebelum menginstal terlebih dahulu baca comment dan akses apa saja yang dimiliki kalau aplikasi tersebut diinstal.

Non Aktifkan Aplikasi bawaan sistem Yang tidak diperlukan

Non aktifkan aplikasi bawaan sistem yang tidak terpakai berbeda dengan menghapus aplikasi. Disi kita hanya tidak mengaktifkan suatu aplikasi dan aplikasi tersebut tidak bisa terhapus dikarenakan bawaan dari sistem android tersebut. Untuk lebih jelasnya anda bisamengikuti langkah dibawah ini :

  •     Masuk Ke setting
  •     Pilih Manajer Aplikasi
  •     Cari Aplikasi yang di nonaktifkan

Hapus Widgets Yang Tidak Diperlukan

Widgets sebenarnya bukan suatu aplikasi tetapi hanya sebuah tool untuk kita mencari aplikasi. Biasanya widgets tersebut kita yang mengatur. Aplikasi mana saja yang kita letakan di wigets tersebut. Usaha aplikasi yang diletakan diwidgets merupakan aplikasi yang sering gunakan dalam keseharian. Selain itu widgets selalu berjalan dilatarbelakang dan aktif sepanjang waktu. Sebagian penguna android menggunakan widget hanya untuk melihat tanggal tangal penting dalam kehidupan mereka ataupun melihat perkiraan cuaca. Karena widgets berjalan dilatar belakang, Kalau terlalu banyak widgets yang kita aktifkan sudah tentu membuat android kita berjalan dengan lambat hal itu disebabkan karena aplikasi yang diletakan di widgets tersebut berjalan bersamaan dan selalu aktif selama android masih aktif atau dihidupkan.
Matikan Animasi

Cara mematikan Animasi lakukan langkah langkah berikut

  •     masuk settings
  •     Developer options.
  •     Cari pilihan Window Animation Scale ( ,setelah itu pilih matikan (off).
  •     Selanjutnya cari pilihan Transition Animation Scale, setelah itu pilih matikan (off).
  •     Yang terakhir, cari pilihan Animator Duration Scale dan setelah itu pilih matikan (off).
Dengan mematikan fungsi animasi akan membuat android anda melakukan proses yang lebih cepat

Hindari Pemakain Wallpaper Wallpaper Yang bergerak


Pemakain wallpaper yang bergerak sangat menguras daya baterai anda dan mengakibat siklus kerja sistem sangat cepat. Hal itu tentu saja membutuh memori yang yang sangat besar untuk memproses pergerakan tersebut.

Dalam hal ini Pemakain Wallpaper , animasi, di perangkat Anda banyak terdapat  sekali aplikasi dan layanan yang bisa mengambil memori dan baterai andoid. Itulah mengapa ternyata android tidak berfungsi dengan cepat.
Jika Anda tidak ingin memakai wallpaper animasi, usahakan memakai dari AndroidCentral yang merekomendasikan untuk memperhatikan wallpaper animasi ringan, misalnya, Google Wallpaper.

Bersihkan cache dari sisa – sisa pemakaian aplikasi.

Pada konsep kerja android cache bertujuan untuk mempercepat proses suatu sistem pada saat aplikasi kembali diakses. Namun bila file cache ini tidak dibersihkan secara berkal, lama kelamaan akan membuat memori perangkat anda menjadi full. Dan sering kita jumpai kadangkala aplikasi yang kita install tersebut hanya kita gunakan hanya untuk sementara. Ketika anda menghapus aplikasi tersebut secara sistem tidak akan terhapus semuanya. Hal inilah yang membuat android anda menjadi lemot dikarenakan memori anda penuh dengan sampah bekas bekas aplikasi yang diinstal. Cara menghapusnya sebagai berikut
  •     Settings
  •     Masuk Storage.
  •     Pilih Cached data ( akan muncul pilihan untuk membersihkan atau clean data, pilih “OK”.

Bersihkan sampah data hasil download atau atau sampah dari mengunakan media social

Sering kali kita jumpai data data seperti gambar ataupun image yang dikirim melalui media sosia seperti WA, Line,BBM langsung saja tersimpan dalam memori perangkat, Apalagi anda memasuki suatu group yang aktif. Data yang terkirim dalam group chating tersebut belum tentu kita gunakan kadang hanya sebatas gurauan dalam group akan tetapi data tersebut langsung tersimpan diperangkat anda.

Memperbesar kapasitas memori perangkat atau mengurangi Memori


Memperbesar Kapasitas memori perangkat merupakan cara yang sangat jitu dalam mempercepat kinerja android anda. Memori dalam android bukan saja tempat penyimpan melainkan juga tempat proses menjalankan aplikasi yang ada dalam android anda.
Cara mengurangi memori ikuti langkah berikut
Jika Anda memiliki android untuk waktu yang lama, kemungkinan besar, banyak "sampah" telah terakumulasi dalam memori.
Pergi ke Pengaturan -> Umum -> Penyimpanan dan iCloud -> Manajemen. Pada titik ini Anda dapat menghapus data yang tidak perlu.
Perhatikan bahwa terkadang pesan mengambil beberapa gigabyte memori. Untuk itu anda disarankan untuk menghapus data riwayat pesat di android ( seperti di Wa, Mesengger dan aplikasi chat lainnya )

Jangan menginstal pengoptimal baterai yang berbeda ( Lebih Disarankan untuk tidak memakainya )

Ini adalah pengalaman penulis sendiri dengan mengistal aplikasi menghemat baterai 2 sekaligus. Penulis mengira mengistal pengoptimal baterai yang berbeda bisa lebih efesian tetapi malahan sangat membahayakan karena sangat memakan memori dalam android
mari kita simak cara kerja dulu sebelum kita memutuskannya. Pada saat mengunakan pengoptimal"  mereka sebenarnya berjalan diroot dan menutup secara otomatis. Berbagai sumber yang penulis baca "pengoptimal" sering  bekerja setelah aplikasi tersebut ditutup hal ini tentu saja membutuhkan waktu lebih lama dan menambah beban pemakain baterai serta memori.Berdasarkan cara kerja tersebut bisa disimpulkan  penggunaan "pengoptimal" sebenarnya memperlambat kinerja  perangkat dan bukan mempercepatnya.

Nonaktifkan sinkronisasi otomatis Android

Jika Anda memiliki telpon android versi  baru dan modern  kemungkinan besar berfungsi dengan baik dan cepat boleh dikatakan tidak akan ada masalah ketika mengunakan aplikasi. Tetapi dengan bertambah masa pakai android dan pengunaan aplikasi suatu hari Anda melihat melihat kinerjanya semakin lambat. Kenapa hal ini bisa terjadi ? Hal ini disebabkan karena aplikasi melakukan  sinkronisasi aplikasi secara otomatis. Cara mematikan sinkronisasi aplikasi secara otomatis adalah sebagai berikut :
Buka "Pengaturan ( setting)"
Pilih "Akun"
Temukan "Sinkronisasi otomatis"
Pilih aplikasi yang merasa tidak perlu disinkronkan.

Jika anda seorang gamer di android lakukan "Overclocking Android"

Overclocking adalah cara yang terbukti untuk memaksimalkan kinerja yang digunakan gamer di komputer. Metode ini berfungsi dengan baik di android smartphone. Ini bisa menginstal root dan aplikasi  overclock.
Akan tetapi hal ini juga memiliki resiko tertentu hal ini disebabkanProdusen android sudah memberi batasan pada kecepatan clock prosesor untuk mencegah pemanasan secara berlebihan, konsumsi baterai yang tinggi. bagi seorang gamer pasti sudah mengerti dengan hal ini. dan jangan lupa ya Mengurangi pengaturan grafis untuk meningkatkan kelancaran permainan dan masa pakai baterai.

Hapus cookie dan data browser bagi yang aktif browsing  

Untuk Hapus cookie dan data browser  ikuti petunjuk dibawah ini :
Browser Safari
Jalankan  Browser Safari
Buka Setting  -> Safari dan gulir ke bawah ke "Clear browsing data".
Google Chrome
Jalankan Google Chrome
Lihat disudutkan kanan atas klik ikon titik tiga ,
Buka "Setting "
Pilih "Clear browsing data"
Pilih "Clear data" ( Note Disana anda juga bisa setting range penghapusannya)
rivasi dan temukan item dengan pembersihan data. Di sini Anda dapat memilih apa yang perlu Anda hapus.
Operasi ini akan menghapus semua cookie dan riwayat browser. Jika Anda menggunakan

Reset ke pengaturan pabrik 

Jika cara cara tidak ada yang di atas tidak membantu satu-satunya jalan keluar dengan menerpakan cara Cara pemungkasnya yaitu Reset ke pengaturan pabrik. Cara ini akan membuat perangkat android seprti baru lagi. anda bisa membaca cara reset android baca artikel dibawah ini.
Baca Juga : Cara Mudah Reset Ulang Semua Tipe android Oppo
Baca Juga : Cara Mudah Reset Samsung Semua Tipe
Baca Juga : Cara Mudah Reset Ulang Semua Tipe HP Android Lenovo
Baca Juga : Cara Reset Ulang Semua Tipe HP Android Acer


Semoga artikel ini sangat membantu anda dalam mengatasi android anda yang lemot yang membuat anda kesal.

0 Response to "Cara Mudah Mempercepat Kinerja di Android Yang Lemot"